manusia

Memahami Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual atau PMS adalah salah satu tantangan klinis paling berat yang dihadapi umat manusia. Penyakit-penyakit ini menyebar dari orang ke orang melalui transaksi seksual. Kesadaran umum adalah salah satu alat terbaik untuk memerangi penyakit ini. Meskipun banyak orang pada umumnya menyadari hal ini dengan bantuan upaya pemerintah dan LSM, banyak yang masih merasa malu dan ditinggalkan ketika mereka didiagnosis dengan penyakit menular seksual.

Salah satu nama umum di antara penyakit menular seksual adalah Gonore. Penyakit ini juga dikenal sebagai clap. Kata clap menemukan asal-usulnya dalam kata Prancis ‘clapier’ yang berarti bordil, karena penyakit ini paling umum disebarkan oleh pelacur dan orang-orang dari pekerjaan serupa lainnya. Yang lain berpendapat bahwa itu berasal dari kata Perancis lama ‘clapoir’ yang berarti sakit seksual Penyakit kelamin.

Gonore, salah satu pemimpin penyakit menular seksual, adalah infeksi bakteri yang menginfeksi sekitar 700.000 orang di AS setahun. Penyakit ini tidak pernah menyebar dengan berbagi toilet dan kamar mandi; tetapi dari hubungan seksual vagina, oral dan anal dengan orang yang terinfeksi dan juga oleh kelahiran (opthalmia neonatorum). Meskipun ‘tepukan’ jarang dilaporkan menyebar meskipun melakukan hubungan seks yang aman, seorang pria memiliki 20% peluang untuk menangkapnya melalui episode seks yang tidak aman sementara seorang wanita memiliki faktor risiko 60-80%.

Beberapa kasus clap tidak menunjukkan gejala, sedangkan yang lain dapat muncul dengan berbagai cara. Seorang pria yang terinfeksi gonore dapat menunjukkan gejala seperti keluarnya cairan kekuningan dari penis serta buang air kecil yang menyakitkan dalam dua hingga tiga puluh hari setelah infeksi. Seringkali itu menunjukkan gejala seperti demam. Di sisi lain, wanita yang terinfeksi gonore dapat menghasilkan gejala seperti keputihan dari vagina, kesulitan buang air kecil, perdarahan menstruasi yang tidak siklus, muntah, demam dan kadang-kadang bahkan pendarahan setelah hubungan seksual.

Penyakit menular seksual, bertepuk tangan seringkali merupakan penyakit yang sangat ditakuti sedangkan tidak ada alasan untuk melakukannya. Ini sebenarnya penyakit yang bisa disembuhkan. Di Amerika Serikat, penyakit ini diobati dengan antibiotik kuat yang direkomendasikan oleh CDC (Pusat Pengendalian Penyakit). Di Inggris Raya sebagian besar kasus gonore dirawat di klinik kesehatan seksual khusus di seluruh negeri. Hanya kadang-kadang penyakit ini mungkin sulit untuk diatasi karena datang dalam jenis yang resistan terhadap obat. Untuk membuat pengobatan lebih efektif, PDPT (terapi pasangan yang disampaikan pasien) sedang diikuti di seluruh dunia di mana pasangan seksual pasien juga diuji dan diobati, jika didiagnosis.

Meskipun gonore tidak bisa menjadi penyakit yang sulit untuk dilawan; jika tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi yang tidak terduga; beberapa dari mereka mungkin sama parahnya dengan masalah persendian, kemandulan dan bahkan kerusakan pada katup jantung.